Wednesday, December 5, 2012

0 Spyware adalah

Spyware adalah jenis software berbahaya yang dapat melacak pekerjaan yang anda lakukan, baik di komputer maupun di Internet dan mengirimkan informasi tersebut kepada orang yang tidak berhak mengetahuinya. Program ini antara lain dapat merekam kata-kata yang telah anda ketik dengan keyboard, mouse,
halaman-halaman yang anda kunjungi dan program yang anda jalankan. Akibatnya program ini dapat merusak keamanan komputer anda dan membuka informasi rahasia tentang diri anda, semua aktivitas dan kontak anda. Spyware menginfeksi komputer sama dengan cara virus menginfeksi komputer, maka banyak dari petunjuk di atas juga berguna untuk melawan malware kelas dua ini. Laman web berbahaya adalah sumber utama penginfeksian spyware, anda harus lebih berhati-hati terhadap situs web yang anda kunjungi dan pastikan bahwa pengaturan browser anda sudah aman.
Assani: Kedengarannya seperti cerita dalam film detektif. Memang komputer saya benar-benar sudah "terinfeksi spyware?"
Muhindo: Percaya atau tidak, ini sering terjadi. Jika program yang kamu unduh(download) dari Internet tidak menginfeksi, maka besar kemungkinan salah satu laman situs yang kamu kunjungilah penyebabnya. Fakta bahwa kamu menggunakan Windows dan Internet Explorer membuat kemungkinannya lebih besar. Kalau kamu tidak pernah men-scanning komputer kamu untuk spyware, saya yakin kamu akan kaget saat tahu berapa banyak yang sudah terinstal di komputer kamu

Perangkat Lunak(Software) Anti-spyware

Anda dapat menggunakan perangkat anti-spyware untuk melindungi komputer anda dari jenis ancaman ini. Spybot adalah salah satu contohnya dan perangkat ini bekerja dengan sangat baik dalam mengidentifikasi dan menghapus tipe-tipe malware tertentu yang sering tidak dihiraukan oleh program anti-virus. Namun, seperti program anti-virus lainnya, sangat penting untuk selalu meng-update definisi Spybot's malware dan melakukan pemindaian rutin.
Hands-on: Petunjuk memulai penggunaan Spybot Guide

Mencegah infeksi spyware

  • Selalu waspada saat melakukan penjelajahan(browsing) di situs web. Awasi jendela browser yang muncul secara otomatis dan bacalah secara seksama sebelum mengklik Yes atau OK. Jika anda ragu, tutuplah jendela yang muncul ('pop up windows') dengan mengklik tanda X di pojok kanan atas, daripada langsung mengklik Cancel. Ini dapat mencegah laman web untuk menginstal malware dalam komputer anda.
  • Tingkatkan keamanan browser anda dengan mencegahnya menjalankan program yang mungkin berbahaya secara otomatis, yang terkadang terdapat dalam laman web yang anda kunjungi. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, anda dapat menginstal tambahan NoScript, seperti dijelaskan di Bab 4 dalam Panduan Firefox.
  • Jangan pernah menerima dan menjalankan konten jenis apapun jika datang dari situs yang anda tidak ketahui dan tidak dipercaya.
Assani:Saya dengar ‘Java applets’ dan ‘ActiveX controls’ berbahaya. Tapi saya tidak tahu itu apa!
Salima: Itu contoh berbeda dari jenis program yang sama, yaitu program kecil yang biasanya diunduh oleh browser secara bersamaan saat membuka halaman yang kita baca. Perancang Web biasa menggunakannya untuk membuat situs yang rumit, tetapi program itu juga dapat menyebarkan virus dan spyware. Kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang cara kerjanya, selama kamu telah menginstal NoScript dan menjalankannya dengan benar.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers