Saturday, April 27, 2013

0 Teknik Dasar Belajar Visual Basic (Part 1)


Buat para pembaca saya mau share nih cara sederhana mengenai Teknik dasar beljar visual basic dalam membuat aplikasi berbasis windows dengan visual basic. dengan trik sederhana tapi hasil bagus. semoga membantu.. pos ini akan terus di update jika ada ada tutorial baru. hayu ah mulai.

Pernahkan kalian mengenal pemrograman visual basic berbasis windows.nah visual basic termasuk salah satu pemrograman tersebut.sebenarnya ada trik dan tips dalam membuat aplikasi.tapi jiga anda pernah belajar pemrograman tersebut seperti visual basic tinggal melanjutkan saja.mungkin salah satu updatetan ini ada yang nyangkut dan bisa di gunakan
Jika kita membahas dasar Visual Basic, sebenarnya tidak cukup hanya dengan satu panduan, apalagi satu contoh. Namun di sini akan dibatasi agar uraianya tidak terlalu umum ataupun khusus. Artinya, bagian ini mencoba menguraikan hal-hal ringan yang di anggap penting dan sering di perlukan.
Awalan Penanaman variebel
Konsistensi sering di kaitkan dengan penulisan kode program yang standart. Ini tentu cukup beralasan karena penulisan kode yang konsisten menjadikan kode program lebih mudah dibaca dan dipahami.
Quote:
‘ Jika hanya ada satu variebel string di Saturday
‘ ruang lingkup
Dim Str As String
‘ Jika terdapat lebih dari Satu
Dim strNama As String
Dim strAlamat As String
Hindari Tipe Variant
Tipe data Variant secara otomatis akan ditetapkan pada suatu variebel manakala anda tidak menetapkan tipe datanya secara eksplisit.
Quote:
‘ Variabel intX bertipe Variant
Dim IntX, intY As Integer
‘ intA dan intB bertipe Integer
Dim intA as Integer, intB As Integer
Alasan utama untuk menghindari tipe data Variant adalah karena eksekusinya yang cenderung lebih lambat mengkonsumsi memori lebih besar.
Ruang Lingkup Variabel
Apabila variabel-variabel anda hanya diperlukan oleh suatu method (prosedur/fungsi), sebaiknya deklarasikan di level
Local. Teknik ini terkait erat dengan performa aplikasi, dimana variabel local akan lebih cepat di eksekusi disbanding variabel global.
Konkatenasi dan Multiline
Pada saat anda ingin menghubungkan string, gunakan operator konkatenasi (&). Adapun jika konkatenasi melibatkan baris baru, sebaiknya manfaatkan karakter garis bawah (Underscore)
Quote:
‘ Hello Indonesia adalah satu bagian
strData = “Hello” & _
“Indonesia”
‘ strA dan strB adalah dua bagian
Dim strA As string
strB As string
Definisi tipe data
Anda pasti pernah menemui kode program Visual Basic (VB) yang mendefinisikan suatu tipe data menggunakan akhiran karakter tertentu, seperti $, %, dan sebagainya. Pendekatan yang juga disebut definisi tipe data secara implicit ini umumnya dilakukan untuk mempercepat eksekusi kode, berikut ini symbol (karakter ) yang dapat digunakan sebagai akhiran nama variabel untuk merepresentasikan tipe data.
Perlu di perhatikan, bagian ini tidak bermaksud menyarankan anda untuk menggunakan pendekatan di atas, namun hanya sekedar memperlihatkan bagaimana implementasi secara implicit. Bagaimanapun juga, pendekatan definisi seperti ini seringkali membingungkan , terutama bagi yang belum memahami makna karakter terkait
Verifikasi tipe data
Pada saat akan melakukan operasi terhadap suatu variabel terkadang kita ingin memeriksa tipe datanya terlebih dahulu. Untuk memudahkan verifikasi ini, kita bisa menambahkan method-method yang tersedia.
Quote:
Pernyataan kondisional
Dalam melakukan analisis dua kasus , anda tidak bisa meringkas penulisan kode program dengan memanfaatkan method if
Dim bStatus As Boolean
Dim intResult As integer
‘ Pendekatan if (satandart)
If bStatus then
intResult = 1
else
intResult = 0
End if
Print intResult
‘ Pendekatan if
intResult = if(bStatus, 1, 0)
Print intResult
Namun perlu diperhatikan , eksekusi method If cenderung lebih lambat dibanding pernyataan kondisional If
Keyword Step
Disamping menyederhanakan penulisan kode program pengulangan keyword step juga mampu mempercepat eksekusi kode. Sebagai contoh , kedia program berikut akan menghasilkan keluaran sama.
Quote:
Dim i as Integer
‘Mencetak bilangan ganjil 1-10
For I = 0 to 9
I = 1 + 1
Print i
Next i
‘Menggunakan pendekatan step
For I = 1 to 10 step 2
Print i
Next i

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers