Tuesday, April 9, 2013

0 Perbedaan bahasa C dan C++

Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa kedua bahasa ini (C dan C++) merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Kedua bahasa ini digolongkan kedalam bahasa tingkat menengah (middle level language). Sisi lain, yaitu dari sisi akademis, seorang professor yang bernama Niklaus Wirth di Politeknik Zurich, Swiss, mengembangkan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang disebut dengan bahasa Pascal untuk mengajarkan algoritma kepada para mahasiswanya. Maka dari itu, di lingkungan akademis bahasa Pascal lebih populer dibandingkan bahasa C dan C++. Sebagai bahan pengetahuan bagi kalian semua, berikut pengelompokkan tingkatan dari bahasa programming.

Bahasa Tingkat Tinggi

-Ada

-Modula-2

-Pascal

-COBOL

-FORTRAN

-BASIC

-Bahasa Tingkat Menengah

-Java

-C++

-C

-FORTH

Bahasa Tingkat Rendah

-Macro-Assembler

-Assembler

Dari table diatas dapat kita lihat bahwa baha pemrograman yang terdapat pada bagian paling atas merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipahami. Sebagai contoh, C adalah bahasa yang lebih sulit dibandingkan C++ dan C++ adalah bahasa yang lebih sulit dibandingkan dengan bahasa Java dan seterusnya.

Semenjak dikembangkan, bahasa C dan C++ banyak digunakan untuk mengembangkan program- program aplikasi di bidang telekomukasi, financial atau bisnis dan system operasi. Bahkan sampai saat ini pembuatan program – program untuk game kopmuter sebagian besar masih menggunakan C/C++.

Menurut Bjarne Stroustrup (pencipta C++), alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar pembentukan C++ adalah sebagai berikut ;

-Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah

-Berjalan dimanapun dan untuk masalah apapun

-Berjalan mulus dalam system operasi UNIX

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers