Tuesday, April 9, 2013

0 Pengertian Hosting

 

Apa itu Hosting?

Hosting adalah suatu layanan di internet yang menyediakan tempat untuk menyimpan semua file website Anda dalam sebuah komputer server agar dapat diakses melalui internet. File-file dapat berupa file website seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, JSP, ASP, dan masih banyak lagi atau mungkin berupa file-file data seperti MP3, PDF, AVI, FLV, SWF dan yang lainnya. Pada dasarnya komputer server ini disewakan perbulan atau pertahun jadi Anda hanya menggunakan komputer server tersebut tanpa harus di repotkan dengan penginstalan, pengaturan atau pemeliharannya karena itu semua telah di kerjakan oleh perusahaan hostingnya.

Umumnya Anda di berikan akses oleh pihak hosting diantaranya untuk :
  1. Menyimpan seluruh file yang dibutuhkan untuk website Anda ke komputer server termasuk membuat database dan lai-lain.
  2. Membuat agar file dan database tersebut dapat berjalan dan diakses di internet.
Hosting dapat di bedakan berdasarkan tipe diantaranya:
  • Share Hosting – Sebuah website diletakan bersama-sama dengan beberapa website lainnya dalam satu komputer server yang sama yang hanya dipisahkan dengan direktori dan semuanya menggunakan layanan secara bersama-sama.
  • Reseller Hosting – Sebuah layanan hosting yang menyediakan suatu paket hosting yang dapat di jual kembali.
  • Dedicated Hosting - Sebuah layanan hosting yang menyediakan sebuah komputer server yang dapat di instalasi dan di atur sesuai kebutuhan yang diinginkan untuk digunakan pada sebuah website atau lebih.
  • Colocation Hosting - Sebuah layanan hosting yang menyediakan tempat bagi server yang membutuhkan fasilitas-fasilitas tertentu seperti power supplay, keamanan data, kecapatan koneksi internet yang tinggi dan lain-lain.

Langkah – Langkah dan Tips Memilih Hosting.

1. Memilih hosting
Penting bagi Anda untuk memilih Hosting yang baik bagi website Anda. Ini sama halnya dengan saat bagaimana Anda akan memilih sebuah leptop. Anda tidak ingin mempelajari lebih mendaalam setiap komponen yang terdapat didalam sebuah leptop yang baik.Sebaiknya saat memilih hosting lihatlah beberapa elemen penting berikut:
  • Harga - Ini sangat bergantung pada kualitas layanannya. Sekarang ini banyak Hosting Indonesia memiliki beberapa paket Hosting Murah diantaranya Jagoan Hosting Indonesia.
  • Data Transfer – Pastikan data transfer yang disediakan cukup besar perbulannya sehingga dapat mengakomodasi seluruh data saat traffik kunjungan ke website Anda cukup besar untuk memastikan website Anda selalu dapat tetap diakses diinternet.
  • Space - Pilihlah sesuai dengan kebutuhkan data-data website Anda sehingga data website dapat disimpan seluruhnya dan tidak memiliki space kosong yang tidak terpakai yang memiliki ukuran relatif besar.
  • Realibilitas - Pastikan hosting memiliki kecapatan yang stabil dan Up-time yang baik agar memastikan website dapat di kunjungi dan diakses di internet dengan baik.
  • Layanan - Sebaiknya tinjau lebih dalam lagi mengenai hal ini. Pastikan hosting yang akan Anda pilih dapat menjawab dengan cepat seluruh pertanyaan atau permasalahan tentang layanan hosting yang Anda gunakan.
2. Mendaftarkan website di hosting
Setelah Anda telah menentukan hosting untuk Website Anda selanjutnya waktunya Anda untuk
melakukan pendaftaran di salah satu penyedia jasa pembuatan Domain dan Hosting Indonesia di Jagoan Hosting Indonesia

3. Menggunakan hosting
Setelah proses pendaftaran hosting Anda selesai. Anda akan diberikan Control Panel untuk mengelola website Anda. Sehingga Anda dapat mengarahkan Hosting Anda ke Domain yang telah Anda buat sebelumnya dan mengupload seluruh data website Anda ke internet.
Setelah Anda mendaftarkan domain dan mengupload file-file website Anda di hosting. Selanjutnya sekarang waktunya Anda memperkenalkan website yang baru saja Anda buat di berbagai blog, forum, social networking dan tentu saja search engine seperti Google.com, Yahoo.com, Ask.com dan masih banyak lagi search engine lain yang mana akan memperkenalkan website Anda lebih cepat ke dunia maya dan tentu saja ini dapat menghasilkan suatu yang positif bagi Anda dan Usaha barang dan jasa yang tawarkan dan perkenalkan di website Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam pengenalan mengenai domain dan hosting. Terima kasih.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers