Wednesday, April 3, 2013

0 Kesalahan Dalam Pemrograman Bahasa C Logika Dan Algoritma Pemrograman


 A. PENGERTIAN LOGIKA
Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika pada dasarnya filsafat berpikir. Berpikir berarti melakukan suatu tindakan yang memiliki suatu tujuan. Jadi pengertian Logika adalah ilmu berpikir / cara berpikir dengan berbagai tindakan yang memiliki tujuan tertentu.
B. SEJARAH ALGORITMA
Kata Algoritma diambil dari ilmuwan muslim Abu Ja’far Muhammad bin Musa Alkhwarizmi (780-846 M) yang banyak menghasilkan karya dalam bidang Matematika, disamping karya-karyanya dalam bidang lainnya seperti geografi dan musik.
Pemecahan sebuah masalah pada hakekatnya adalah menemukan langkah-langkah tertentu yang jika dijalankan efeknya akan memecahkan masalah tersebut. Efek dari sebuah langkah tertentu dapat dilihat dengan membandingkan keadaan sebelum langkah tersebut dilakukan (Ko) dan keadaan setelah langkah tersebut dilakukan (K­1). Misalnya, keadaan sebelum langkah ‘angkat gagang telepon’ adalah gagang telepon berada ditempatnya (Ko), dan setelah langkah tersebut dilakukan gagang telepon sudah terangkat (K1), sehingga efek dari langkah tersebut akan terangkatnya gagang telepon. Jika semua langkah diatas dilakukan, maka efek dari semua langkah tersebut akan memecahkan masalah menelepon.
Dari uraian diatas, secara umum dapat ditarik beberapa karakteristik atau syarat Algoritma :
1. 1. Algoritma harus tidak ambigu (unambiguous)
Deskripsi langkah-langkah dalam algoritma harus dan hanya mempunyai tafsiran tunggal. Oleh karena itu, sebuah bahasa pemrograman seperti pascal sering digunakan untuk menuliskan algoritma, sehingga langkah-langkah yang dituliskan hanya mempunyai tafsiran tunggal, terutama menurut komputer.
1. 2. Algoritma harus tepat (precise)
Algoritma harus menyatakan urutan langkah-langkahnya. Kapan sebuah langkah atau langkah x dilakukan, apakah sebelum langkah y atau sesudahnya, harus dinyatakandnegan jelas. Algoritma harus menyatakan dengan jelas kapan berhenti dari sebuah langkah untuk meneruskan kelangkah berikutnya.
1. 3. Algoritma harus pasti (definite)
Jika serangkain langkah yang sama dilakukan dua kali maka hasilnya harus selalu sama. Sebagai ilustrasi, jika dua orang koki mengikuti resep yang sama, maka rasa kue yang dihasilkan harus sama. Kalau hasil akhir atau rasa kue tidak sama, pasti ada beberapa perbedaan yang tidak disadari, seperti merek bahan yang berbeda, atau lama memasak yang berbeda, atau ada perbedaan pada sesuatu yang lain.
1. 4. Algoritma harus berhingga (finite)
Serangkain langkah dalam algoritma harus dapat dilaksanakan pada rentang waktu tertentu seperti yang telah diuraikan diatas.
C. PENGERTIAN ALGORITMA
Algortima adalah sebuah strategi yang mengandalkan kemampuan berpikir secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Dalam algoritma, kita mulai dengan berpikir apa yang kita miliki (kekuatan dan kelemahan), selanjutnya kita atur langkah (aksi) agar tujuan atau sasaran yang kita harapkan dapat terwujud.
Begitu juga dalam hal membuat program komputer. Ada keterbatasan statements yang disediakan, namun dengan keterbatasan itu kita siasati langkah-langkah untuk mencapai hasil program yang sesuai dengan keinginan.
D. JENIS – JENIS ALGORITMA
Adapun jenis-jenis algoritma adalah :
1. Bahasa Semu (pseudo code)
yaitu dengan menggunakan bahasa sehari-hari, tetapi harus jelas dan struktur.
2. Diagram Alir/Alur (Flowchart)
yaitu dengan membuat suatu penulisan atau penyajian algoritma berupa diagram yang menggambarkan susunan alur logika dari suatu permasalahan.
E. BENTUK ALGORITMA
Bentuk algoritma terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
1. Runtunan (Sequencial)
Algoritma merupakan runtunan asli yang berarti :
a. Tiap aksi dikerjakan satu persatu.
b. Tiap aksi dilaksanakan tepat sekali, tidak ada aksi yang diulang.
c. Urutan aksi yang dilaksanakan pemroses sama dengan urutan aksi sebagai mana yang tertulis didalam algoritmanya.
d. Akhir dari aksi terakhir merupakan akhir algoritma.
2. Percabangan (Brauching)
3. Perulangan (Looping)
F. PENGERTIAN PEMROGRAMAN
Belajar pemrograman meliputi banyak hal terutama adalah belajar memecahkan masalah atau merumuskan algoritma, mulai dari penentuan garis besar pemecahan sampai langkah-langkah rinci. Belajar bahasa pemograman adalah belajar pemakaian suatu bahasa yang mengikuti aturan sintaks, instruksi yang tersedia, dan cara pengoperasian kompilator bahasa pada mesin tertentu. Algoritma harus dituliskan kembali dalam bahasa pemrograman untuk dapat dieksekusi oleh komputer. jika Algoritma yang dikembangkan sudah cukup rinci, dan jika aturan bahasa pemrograman dikuasai, maka penerjemahannya kedalam bahasa pemrograman akan sangat mudah. penerjemahan akan sangat berbeda untuk setiap bahasa pemrograman.
G. PENGERTIAN PROGRAM
Program adalah kumpulan instruksi (statements) yang disusun secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Instruksi-instruksi yang digunakan disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan (reserved word yang disediakan).
Program yang baik memiliki kriteria antara lain :
1. Menghasilkan keluaran (output) yang sesuai dan benar.
2. Memiliki kompleksitas algoritma yang minimal.
3. Memiliki kecocokan dengan peruntukan bahasa pemrogramannya.
4. Memiliki batas akhir penyelesaian.
H. MODEL PROGRAM
Mohon maaf saya belum mendapatkan bahan untuk materi ini.
MENGENAL KESALAHAN PADA KOMPUTER
Sebelum mengupas tentang cara kerja dari komputer, ada baiknya kita mengenal hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan yang ditemukan dalam sistem komputer ini, kesalahan ini ditemukan dalam bermacam-macam kasus, baik pemrograman, maupun dalam bidang lainnya dalam proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer.
Pengertian ERROR
Error dapat diartikan sebagai Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras. Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan perintah tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Pada beberapa kejadian, apabila terjadi error, maka perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak bisa dilanjutkan, seperti tidak ada printer. Namun pada kondisi lainnya, pekerjaan masih bisa dilanjutkan, karena error yang terjadi tersebut tidak terlalu mempengaruhi sistem dan bisa diabaikan, seperti pemutaran suatu media presentasi pada komputer yang tidak mempunyai sound card, proses masih bisa dilanjutkan untuk melihat presentasi tersebut, meskipun dalam kondisi bisu.
Ada bermacam-macam jenis error antara lain :
- Syntax Error
- Logical Error
- Run Time Error
- Human Error
- Command Error
1. Syntax Error
Syntax Error adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut. Contohnya adalah
”Nasi Budi makan”, penulisan kalimat tersebut tidak mengikuti kaedah penulisan tata bahasa Indonesia yang benar, yang benarnya adalah “Budi makan nasi”. Apabila terjadi kesalahan jenis ini, proses tidak akan diberhentikan, atau tidak dilanjutkan, sampai yang bersangkutan menulis perintah membenarkan perintah tersebut.
2. Logical Error
Logical Error adalah jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalah dengan jenis ini, proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya
Buka halaman 6, padahal yang dimaksud adalah halaman 9. bagaimana informasi yang anda temukan? Tentu berbeda dengan yang semestinya anda inginkan.
Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, umumnya proses ini tidak berhenti karena kesalahan logika ini. Nah, kita memang harus hati-hati dengan kesalahan secara logic ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang anda berikan. Makanya ketelitian diperlukan di sini.
Logical Error dapat juga diartikan sebagai suatu kesalahan hasil yang diharapkan yang diakibatkan karena kesalahan dalam hal logika. Kesalahan logika disini bisa karena salah pengisian, seperti salah mengisikan jenis kelamin misalnya seorang laki-laki mengisi jenis kelamin pada datanya dengan perempuan, sehingga ketika dipanggil atau disapa oleh komputer akan muncul pesan, {Selamat datang, bu…}. Selain kesalahan ini karena kesalahan pengisian, juga diakibatkan oleh kesalahan logika pada program. Apabila terjadi kesalahan logika ini, komputer akan tetap melaksanakan perintah yang disampaikan, akan tetapi hasil dari proses tersebut tidak benar. Kesalahan ini termasuk yang cukup sulit dilacak, karena pada kondisi tertentu, hasilnya kadang-kadang tidak terdeksi dalam jangka waktu dekat, disinilah dibutuhkan ketelitian baik bagi programmer maupun bagi pengentri data.
3. Run Time Error
Kesalahan jenis ini disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang anda lakukan sedang tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya. Misalnya:
Anda mau mendengarkan radio, listriknya belum disambungkan, ya harus disambungkan dulu listriknya, baru bisa menikmati suara radio.
Mau melihat berita di situs berita, alamat yang diketikkan sudah benar, komputer juga udah terhubung dengan internet, situs lain yang dikunjungi tidak ada masalah, tetapi kok situs berita tersebut nggak bisa diakses-akses. Ternyata server situs berita itu sendiri yang sedang down (istilah yang digunakan kalau server tidak aktif atau mati)
Ketika sedang jalan-jalan di internet, anda tertarik dengan suatu gambar atau informasi, lalu anda ingin menyimpannya ke disket, tetapi kok waktu menyimpan informasi tersebut selalu saja gagal. Disket sudah dimasukkan dengan benar. Ternyata penyebabnya adalah disket yang digunakan rusak.
Kesalahan jenis run-time error ini mengakibatkan proses dihentikan seketika, umumnya sistem memberitahukan kondisi yang diketahuinya jika ditemukan masalah seperti ini.
4. Human Error
Human Error adalah kesalahan yang terjadi akibat adanya kesalahan pengguna dalam memasukkan data. Misalnya salah masukkan nama akibat kurangnya huruf yang terdapat pada nama tersebut.
5. Command Error
Command Error adalah kesalahan dalam perintah yang diinginkan komputer yang diakibatkan karena kesalahan pengguna yang tidak mengikuti perintah yang timbul pada komputer.
Dari : http://dadangvannoegraha.blogspot.com/

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers