Sunday, December 2, 2012

1 Cara Menghapus Virus Autorun Secara Manual

Tips Ampuh Cara Menghapus Virus Autorun.inf Secara Manual - Salam IT Newbie. Kemarin kawan saya sedang pusing-pusingnya bukan karena tidak punya duit ataupun banyak kerjaan, tetapi karena komputer yang baru saja diinstall ulang langsung terkena virus, memang virus sangat sekali menyebar dengan adanya pertukaran anatar komputer atau dengan kata lain asal pasang flashdisk dari komputer warnet ke komputernya, belum sempat diinstall antivirus terjadi keanehan pada komputer kawan saya, dimana komputernya langsung melambat dan terkadang suka restart sendiri.
Kawan saya baru sadar karena ada keanehan pada komputernya, kawan saya mencoba menganalisa, dan sedikit berbincang kepada saya, dan ternyata memang penyebab utamanya adalah komputernya sudah terinfeksi virus. dan penyebab utama dari terinfeksi virus yaitu flashdisk yang baru saja dia colok ke komputer warnet. Langsung saja dicoba untuk di scan dengan antivirus local maupun antivirus luar dan terdeteksi hingga 600 virus. Memang virus terdeteksi semua namun, terkadang virus itu bisa kembali lagi dari beberapa aplikasi atau software yang sudah terinfeksi dari virus autorun.inf itu.

Virus autorun.inf memang cukup mengerikan karena saat sobat mencoba untuk mencolokan flashdisk ke komputer sobat maka dengan hitungan detik maka fungsi autorun dari virus tersebut langsung masuk dan komputer sobat saat itu juga langsung terinfeksi. Untuk sobat yang belum mematikan fungsi autorun dari windows, sobat bisa mencoba langkah berikut ini:
Start - Run - tulis "gpedit.msc" (tanpa tada petik) - User Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Autoplay Policies - Turn Off Autoplay (double klik) - Ceklist Enable - dan pilih all drives - OK / Apply

Dalam tutorial sebelumnya IT Newbie juga pernah membahas tentang virus yang berjudul 17 Tips Mengenali Ciri-ciri Komputer Terjangkit Virus dan  Tips 8 Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut. Namun kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit tutorial tentang Tips Ampuh Cara Menghapus Virus Autorun.inf Secara Manual atau dengan kata lain tanpa antivirus, Langsung saja akan kita bahas, berikut ini :
1. Booting komputer dengan safe mode atau biasanya dengan menekan F8
2. Jalankan aplikasi dari bawaan windows, Command Prompt atau CMD (Start - Run - cmd.exe)
3. Ketikan drive USB tersebut (misalnya G: kemudian tekan [Enter])

4. Ketikan ATTRIB -R -A -S -H AUTORUN.INF, kemudian tekan [Enter]

5. Ketikan DEL AUTORUN.INF, kemudian tekan [Enter]

Setelah selesai, komputer dapat di Restart dalam mode Normal.

Penjelasan:

ATTRIB adalah modul yang dipergunakan untuk mengubah atribut sebuah file.

-R yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Read Only

-A yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Archive

-S yaitu perintah untuk menghilangkan mode “System

-H yaitu perintah untuk menghilangkan mode “Hidden

DEL yaitu perintah untuk menghapus file

Dengan mengikuti tutorial diatas sobat dengan mudah mengetahui cara menghapus virus autorun.inf secara manual tanpa antivirus.
Bagaimana??
Cukup mudah bukan?

Sekian semoga bermanfaat tutorial Tips Ampuh Cara Menghapus Virus Autorun Secara Manual.
Salam IT Newbie

1 Comments

Anonymous said...

Tips yang bagus sob

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers