Latest Post : Aripasola Community Newbie Indonesia
Home » , » cara mengatasi cpu yang tidak bisa bootting

cara mengatasi cpu yang tidak bisa bootting

Sunday, November 25, 2012 | 0 comments

CARA MENGATASI CPU YANG TIDAK BISA MASUK WINDOWS

Pernahkah anda mengalami CPU atau laptop anda tiba-tiba tidak bisa masuk ke windows.
Ketika kita hidupin CPU atau laptop, tiba-tiba cuma muncul logo gambar windows doang, komputer kemudian Blank hitam atau  kembali restart  hingga berulangkali sampai kita bosen menunggunya. Waduh..... padahal lagi banyak tugas ni? udah deh..... jangan pusing dulu, tenang aja, ada kok solusinya. Yang penting kita jangan buru-buru memfonis ini itu sebelum kita tahu penyebab yang sebenarnya. Ada berbagai macem penyebab komputer kita kenapa ketika dihidupin komputer tidak mau masuk kewindows. Buat para tehnisi yang udah ahli mohon kritiknya bila ada kekurangan atau bahasa penyampaiyan yang kurang formal mohon maaf. mudah-mudahan ilmu ini bisa nyampai ke Otak kalian yang belum mengetahui. itu yang paling penting. hehehe......
Oke, langsung saja mari kita pelajari bareng-bareng dan cari solusinya. Untuk masalah komputer yang mengalami tidak bisa masuk kewindow itu disebabkan karena beberapa faktor antara lain adalah :
  1. Disebabkan karena virus komputer yang merusak pada sistem komputer sehingga menyebabkan ada bagian-bagian file system yang rusak atau hilang dan tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Sulusinya apabila file system tersebut sudah mangalami kerusakan maka yang harus kita lakukan adalah Menginstal kembali OS (Oprasi System) pada komputer kita dengan menggunakan CD Windows.
  2. Disebabkan karena memory RAM yang mengalami kerusakan atau kotor pada soketnya. Biasanya bila kerusakan tersebut disebabkan karena memory RAM, komputer akan mengalami blank total bahkan tidak bisa menampilkan logo windows sama sekali dan CPU akan mengeluarkan suara Bip panjang sebagai peringatan bahwa memori RAM mengalami kerusakan. Maka solusinya adalah pertama kita buka bagian penutup pada casing CPU kemudian kita copot memory RAMnya lalu kita bersihkan pada tembaga yang menghubungkan pada soket ke Motherboot dengan menggnakan tisu kering atau penghapus pensil lalu kita pasang kembali kesoket yang lain. Apabila hal tersebut sudah kita lakukan berulang kali tetapi masih belum bisa normal kembali maka langkah yang harus kita lakukan adalah mengganti memory yang baru.
  3. Disebabkan karena hardist mengalami badsector atau hardit mengalami kerusakan fisik. untuk kerusakan tersebut biasanya komputer tidak bisa booting kesistem windows dan akan muncul tulisan yang menjelaskan bahwa hardist mengalami bad sector. Solusinya adalah kita partisi ulang hardist tersebut dan kita buang atau tidak dipakai bagian partisi yang mengalami kerusakan. apa bila hal tersebut tetep tidak bisa normal maka solusi akhir harus ganti hardist.
  4. Disebabkan karena Kesalahan dalam mempartisi hardist pada awal pertama pembagian hardist. Nah, inilah yang sering membingungkan kita semua terutama bagi orang yang baru membeli CPU yang ketika membagian hardisnya asal membagi, tidak sesuai dengan prosedur pembagian atau tidak memperhatikan kapasitas hardisnya sebelumnya. Dalam mempartisi hardist itu sangat mempengaruhi kinerja komputer kita. makanya jangan asal mempartisi hardist. Biasanya untuk kesalahan tersebut komputer akan mengalami tidak bisa masuk ke windows hanya menampilkan logo windows doang dan kemudian restart, meskipun kita menginstal ulang windowsnya berulangkali komputer akan tetep aja mengalami semacam itu.Lalu solusinya gimana? Oke, gini solusinya. pertama kita sediakan dulu windows live agar komputer kita bisa booting tanpa melalui hardist. Setelah masuk ke windows live kemudian kita perhatikan kapasitas dimasing-masing partisi apakah pembagiannya udah adil atau tidak. kalo gak adil pasti ada yang  korupsi tuh.... Contohnya gini, biasanya komputer yang mengalami masalah tersebut komputer yang mempunyai kapasitas hardist yang kecil sekitar 60 Giga. nah kesalahannya dari kapasitas yang kecil tersebut hardist dibagi  menjadi 3 partisi dengan pembagian yang tidak adil. Contohnya pada bagian partisi C: dikasih ruangan sebesar 15 G ; lalu pada bagian partisi D: diberi ruangan sebesar 30 G ; dan partisi E diberi ruangan sebesar  15 G. andaikan kita menemukan masalah tersebut biasanya komputer tidak bisa tahan lama pasti akan mengalami komputer tidak bisa masuk kewindows. Selanjutnya kita ubah deh partisinya.dari yang 3 partisi menjadi 2 partisi biar adil, soalnyakan kapasitas hardistnyakan cuman 60 G maka biar masing-masing partisi dapat jatah yang lumayan gede makanya aku bagi 2 partisi biar masing-masing partisi dapat 30 G. Lalu caranya gimana? Bigini caranya pertama kita backup dulu file-file yang terdapat dibagian partisi E ke partisi D dengan menggunakan windows live. setelah semua file sudah pindah semua. baru deh kita instal ulang dengan menggunakan Windows yang bukan live. kemudian kita delete partisi E dan C setelah itu baru kita buat partisi baru di C dengan kapasitas 30 G. kemudian lanjutkan penginstalannya. sampai selesai. Baru deh komputer bisa normal kembali.
Mudahkan ? segitu aja ya sedikit ilmu dari penglamanku mudah-mudahan bisa bermanfaat. maaf sebelumnya kalau artikelnya kurang begitu mendetail itu cuma garis besarnya aja kok. Soalnya aku udah ngantuk ni. udah jam 1 malem. Mudah-mudahan disedikit waktu yang luang ini bisa bermanfaat buat and
Share this article :

No comments:

Post a Comment

Husnul Atho' Mubarok. Powered by Blogger.
.
.
.
 
Support : Creating Website | © Asthok Template | Aripasola Community
Copyright © 2013. Aripasola Community Newbie Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by © Asthok Aripasola
Proudly powered by © Asthok Aripasola