Wednesday, November 28, 2012

0 cara membuat diagram dengan multi-OS

Grafik dan diagram merupakan bentuk representasi dari berbagai proses, mulai dari proses bisnis, flow chart, hingga notasi-notasi logika, jaringan dan berbagai bidang ilmu lainnya, untuk menggambarkan notasi, grafik atau diagram tersebut dibutuhkan sebuah software, biasanya kita memakai Microsoft Visio, namun lagi-lagi software buatan Bill Gates dan kawan-kawan itu tidak gratis, namun jangan khawatir ada sebuah software gratis yang tak kalah canggih jika dibandingkan dengan Microsoft Visio, yaitu Dia Diagram Editor.







Dia diagram editor adalah sebuah free and open source software yang fungsinya untuk membantu pembuatan dan perencanaan diagram agar lebih terstruktur. Aplikasi ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah dapat berjalan di berbagai platform seperti Windows dan Mac Os, bukan hanya Linux.
Freeware ini dapat dimanfaatkan oleh para analisis untuk membuat diagram antar entitas, diagram UML, diagram alur, bahkan diagram networking Cisco. Karena bersifat open source, kita pun dapat pula menambah bentuk atau objek baru, dengan membuat file XML sederhana berformat .SVG. dan dapat mengekspor diagram untuk sejumlah format, termasuk EPS, SVG, xfig, WMF dan PNG, dan dapat mencetak diagram (termasuk orang yang rentang beberapa halaman)
Oke, langsung saja kita menjalankan Dia Diagram Editor ini, pertama-tama kita unduh dulu installernya di http://sourceforge.net/projects/dia-installer/files/dia-win32-installer/0.97.2/dia-setup-0.97.2-1.exe/download
  • Buka installer, kemudian jalankan langkah-langkah instalasi seperti biasanya
  • Buka Dia Diagram Editor yang telah di install, maka akan muncul screenshot worksheet seperti gambar dibawah
  • Setelah itu kita memilih jenis diagram atau grafik yang ingin kita gunakan, pilih pilihannya di sebelah kiri dari worksheet.
  • Berikut ini screenshot contoh dari kategori Assorted
  • Beriktut ini screenshot contoh dari kategori Flowchart
  • Beriktut ini screenshot contoh dari kategori UML
  • Beriktut ini screenshot contoh dari kategori Chemical Engineering
  • Beriktut ini screenshot contoh dari kategori rangkaian listrik
Dengan adanya software Dia Diagram Editor, maka pengerjaan representasi data menggunakan grafik atau diagram sangatlah mudah, kita hanya drag and drop gambar-gambar yang ingin kita rangkai. Maka dari itu software ini wajib dimiliki bagi desainer-desainer system maupun bidang ilmu lainnya, karena selain canggih, software ini juga gratis



0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Followers